Penjelasan/deskripsi pekerjaan setiap jabatan pada diagram tersebut:
1.Transaction Processing System (TPS)
Pada umumnya bagian TPS ini diisi oleh divisi - divisi / departemen - departemen yang ada di setiap hotel. Sebagai contoh bisa kita ambil bagian pront office, dimana tugas dari front office sendiri adalah menangani tamu saat check-in atau check-out. Selain front office juga ada Guest Room atau umumnya Room Boy atau Room Girl, pekerjaan utama mereka adalah memberikan pelayanan kepada tamu khusus untuk bagian kebersihan dan keindahan ruangan kamar.
Tugas utama dari TPS sendiri adalah berinteraksi secara langsung dengan pelanggan atau dalam kasus ini tamu hotel itu sendiri.
2. Management Information Systems (MIS)
Pada posisi ini diperankan oleh kepala divisi. Tugas yang diembannya adalah bagaimana memanfaatkan sumber daya (manusia atau barang) agar bisnis hotel ini dapat berjalan dengan lancar. pada bagian ini lebih kepala mengelola asset - asset perusahaan dan menjalankan bisnis sesuai arah dan tujuan perusahaan itu sendiri yang dalam konteks ini, hotel.
3. Decision Support Systems (DSS)
Tugas dari DSS itu sendiri adalah mengolah data, dimana data yang dimaksud adalah pengeluaran, pemasukan, alur kerja organisasi, dan dari data - data yang telah diolah tersebut akan dapat pengembangan lebih lanjut demi kelancaran perusahaan. Bagian ini dipegang oleh Manager, dimana manager - manager ini akan mengurusi beberapa bagian tugasnya masing - masing. Misal Manager Personalia, dari data - data perusahan tersebut manager bagian ini dapat mempromosikan, memutasi, atau bahkan mem-PHK karyawan.
4. Executive Information System (EIS)
Untuk EIS sendiri sudah pasti akan dipegang oleh seorang General Manager yang memiliki otoritastertinggi dalam perusahaan. Si General Manager bertanggung jawab atas berlangsungannya segala kegiatan perusahaan, baik itu mengatur, membimbing, dan mengarahkan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar